Capacity Building

Output yang diharapkan dari terbentuknya PUI E2-KOLIM adalah mempunyai eksistensi sebagai lembaga sentra riset dan pengembangan serta pemberdayaan masyarakat dengan reputasi internasional. Mengembangkan riset multidisplin di kawasan Pantai Timur Sumatera untuk mengembangkan potensi spesifik wilayah. Selain itu menghasilkan model desain pengembangan edukasi dan eksplorasi kopi liberika dan mangrove untuk kawasan perlindungan (protected area). Pembentukan center of excellent kopi liberika lahan gambut serta tata kelola dan pemanfatan mangrove serta ketahanan pangan. Outcome yang ingin diwujudkan sebagai sebuah lembaga R&D dengan reputasi internasional adalah mampu berkontribusi besar dalam mendukung Visi dan Misi Universitas Jambi sebagai “World Class Enterprenuer University” yang akan berdampak (Impact) pada:

  1. Peningkatan revenue generating hasil riset dan pengembangan baik bagi peneliti, PUI E2-KOLIM sendiri maupun bagi Universitas Jambi sebagai perguruan tinggi dengan status Badan Layanan Umum (BLU).
  2. Peningkatan kesadaran masyarakat lokal tradisonal tentang nilai, potensi dan pemanfaatan keanekaragaman etnis dan sumberdaya hayati untuk pembangunan sosial ekonomi dan ekologi (berkelanjutan) serta menjaga persatuan dan kesatuan NKRI.
  3. Pelestarian sumberdaya alam dan lingkungan melalui pemanfaatan lahan gambut dengan kopi liberika serta kawasan mangrove secara bijak tanpa eksploitasi untuk pemberdayaan masyarakat lokal sebagai bagian dari pembangunan berkelanjutan.
  4. Peningkatan kemandirian bangsa dalam pemenuhan kebutuhan obat-obatan dan makanan kesehatan tradisional berbasis potensi sendiri sehingga mampu mengurangi serbuan produk sejenis negara lain.
  5. Peningkatan kapasitas dan daya saing global produk obat-obatan dan makanan kesehatan tradisonal Indonesia, sehingga tidak hanya mampu menghemat devisa tetapi juga menghasilkan devisa negara.