Visi, Misi dan Tujuan

VISI

Pusat Unggulan Ipteks dalam bidang Penelitian dan Pembelajaran Kopi dan Mangrove di Lahan Gambut secara terintegrasi untuk menumbuhkan ekonomi kreatif yang berwawasan Lingkungan.

MISI

  1. Penguatan tata kelola kelembagaan PUI E2KOLIM UNJA sebagai wadah tumbuh kembang penelitian dan pembelajaran kopi dan mangrove yang berdaya saing dengan fokus pada penggalian dan pemanfaatan potensi sumber daya alam di lahan gambut.
  2. Memfasilitasi dan memotivasi tumbuh kembang produk-produk hasil riset dan pengembangan yang mampu meningkatkan reputasi peneliti dan Universitas Jambi sebagai lembaga pendidikan tinggi.
  3. Mengembangkan dan merealisasikan pembelajaran Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar untuk menghasil lulusan Universitas Jambi yang berjiwa excellent technosociopreneur.
  4. Memperkuat koordinasi dan konsolidasi antara program studi atau bidang ilmu untuk pengembangan produk kopi liberika dan mangrove yang terintegrasi dan berkelanjutan dalam satu kawasan eko-eduwisata.
  5. Memperkuat jaringan kerjasama kelembagaan dan kemitraan dengan lembaga penelitian dan pengembangan lainnya dari tingkat regional, nasional dan internasional.
  6. Mengembangkan dan mendorong peningkatan taraf sosial dan perekonomian daerah yang terkoneksi dan terintegrasi melalui Tri Darma Perguruan Tinggi Universitas Jambi.

TUJUAN LEMBAGA

Tujuan pendirian PUI E2-KOLIM secara umum sebagai wadah kolaborasi antar peneliti dalam berbagai disiplin ilmu, baik dari Universitas Jambi maupun dari luar Universitas Jambi serta bersinergi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan dunia industri. Fokus yang dikembangkan adalah pengelolaan kopi liberika di lahan gambut dan mangrove yang dikelola secara terintegrasi untuk eko-eduwisata. Selain itu dirumuskan pula tujuan khusus yaitu:

  1. Pembentukan center of excellent pengembangan kopi liberika di lahan gambut yang unggul dibidang bioteknologi, budidaya, pengolahan dan pengembangan produk kopi liberika untuk berbagai fungsi yaitu pangan, kesehatan, kosmetik dan sosial secara terintegrasi.
  2. Mengembangkan aktivitas penelitian bidang konservasi, perlindungan dan pemberdayaan ekosistem mangrove yang terintegrasi dan berkelanjutan, sebagai upaya proteksi dari abrasi dalam konteks lingkungan.
  3. Membuat model dan tata kelola eko-eduwisata kopi liberika lahan gambut dan mangrove secara terintegrasi untuk menumbuhkan enterpreneurship.
  4. Mengimplementasikan program Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar bagi mahasiswa dan akademisi dalam berbagai program.
  5. Mempersiapkan young agripreneur berbasis kopi liberika dan mangrove yang berwawasan lingkungan.
  6. Membangun sekolah kopi sebagai rujukan pengembangan ilmu kopi liberika dalam taraf dunia.
  7. Membangun industri pedesaan berbasis agroindustri kopi liberika lahan gambut dan mangrove yang berwawasan lingkungan secara terintegrasi sebagai upaya edukasi dan ekonomi kreatif di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.