Research and Development Capacity

Penguatan penguatan R&D (Research and Development Capacity) PUI E2-KOLIM dijabarkan dalam bentuk program penelitian dan pengembangan. Program-program tersebut bertujuan untuk memperkuat kapasitas dan daya saing para peneliti dan tenaga pendukung dalam merebut berbagai sumber pendanaan dan kerjasama riset dengan pihak eksternal baik lokal, nasional maupun internasional. Program dan kegiatan penelitian dan pengembangan yang disusun mengacu pada peta jalan pengembangan kapasitas R&D PUI E2-KOLIM Universitas Jambi

Gambar Roadmap Peningkatan Kapsitas R and D PUI E2-KOLIM

Program riset dan pengembangan yang akan dilakukan oleh PUI E2-KOLIM

Melaksanakan riset sesuai roadmap penelitian yang melibatkan mahasiswa S1, S2 dan S3. Program penelitiannya adalah

  1. Penelitian menghasilkan bibit unggul kopi liberika melalui bioteknologi,  teknologi budidaya polikultur kopi liberika, teknik pengendalian hama dan penyakit serta teknologi pasca panen kopi liberika.
  2. Perbaikan mutu bahan baku meliputi penelitian sifat fisik, kimia dan mekanis, optimasi proses pengolahan kopi  liberika untuk berbagai fungsi (pangan, kesehatan dan kosmetik) dan inisiasi industri hilirnya.
  3. Penelitian rantai pasok dan   sistem tata niaga kopi liberika dan produk olahannya.
  4. Riset mengenai kawasan mangrove terkait konservasi (blue carbon), rehabiltasi,  perlindungan dan pengembangan kawasan ekosistem mangrove untuk peningkatan ekonomi yang berkelanjutan.
  5. Eksplorasi kajian manfaat flora dan fauna mangrove untuk produk pangan, keshatan dan kosmetik.  
  6. Konstruksi sosial untuk persiapan bisnis global meliputi kajian sosiologi kerberlanjutan usaha kopi liberika dan pengembangan ekoeduwisata kluster kopi liberika dan mangrove terintegrasi.
  7. Perlindungan HKI produk olahan kopi liberika dan mangrove.
  8. Riset mengenai kegiatan eduekowisata kopi liberika di lahan gambut terintegrasi  mangrove.

Gambaran kegiatan penelitian dan pengembangan kopi liberika terintegrasi mangrove dapat dilihat pada Gambar dibawah:

Gambar Pengembangan  R&D Kopi Liberika Terintegrasi Mangrove PUI E2-KOLIM

Program peningkatan kapasitas penelitian melalui kegiatan :

  1. Kerjasama riset dengan lembaga penelitian dan universitas tingkat nasional dan internasional dibidang kopi dan mangrove.
  2. Fasilitasi dan bantuan mengikuti seminar nasional dan internasional secara rutin setiap tahun bagi peneliti PUI untuk peningkatan keilmuan dan wawasan.
  3. Menyelenggarakan seminar nasional dan internasional secara berkala setiap tahun.
  4. Mendorong publikasi dalam jurnal nasional terakreditasi dan internasional bereputasi dan memberikan penghargaan kepada peneliti yang berhasil mempublikasikan hasil risetnya.
  5. Fasilitasi dan bantuan bagi para peneliti mengikuti pelatihan eksternal penyusunan jurnal internasional, HAKI, buku, baik yang diadakan kemenristekdikti maupun lembaga bereputasi lainnya seperti LIPI dan BPPT.
  6. Pelatihan internal (inhouse training) penyusunan jurnal nasional, internasional, buku dan HAKI bagi para peneliti.
  7. Pelatihan peningkatan keahlian peneliti PUI E2-KOLIM dengan mengikuti workshop yang berhubungan dengan pengembangan kopi dan mangrove.

Dukungan bagi program kampus merdeka dan merdeka belajar dilakukan dengan program pengembangan sentra R&D E2-KOLIM. Program ini dilaksanakan sebagai upaya penyediaan sarana dan prasarana R&D bagi peneliti dan share learning bagi sesama peneliti dan stakeholder terkait lainnya serta menjadi cikal bakal pengembangan Taman Sains dan Teknologi (STP) PUI E2_KOLIM melalui kegiatan:

  1. Kawasan Sentra R&D E2-KOLIM Kopi Liberika dan Ekosistem Gambut Berkelanjutan dengan menggunakan pendekatan partisipatif sebagai upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat lokal (tradisional).
  2. Kawasan Sentra R&D E2-KOLIM Ekosistem Mangrove.
  3. Sentra Promosi dan Pemasaran hasil kegiatan E2-KOLIM dan turunannya hasil R&D para peneliti PUI E2-KOLIM Universitas Jambi.

Kegiatan-kegiatan penelitian tersebut diharapkan dapat dilaksanakan dengan mendapatkan berbagai sumber pendanaan baik internal maupun eksternal dalam dan luar negeri. Kegiatan-kegiatan dalam program ini dapat terlihat dari roadmap kegiatan inovasi PUI E2-KOLIM.