Dissemination of Activities

Tujuan utama program diseminasi hasil-hasil kegiatan R&D PUI E2-KOLIM yaitu untuk memperluas pemanfaatan hasil-hasil R&D para peneliti PUI E2-KOLIM sebagai peningkatan inovasi dan sosioekonomi masyarakat sekitar serta menjadi sarana dalam mendukung program kampus merdeka dan merkeda belajar. Program dan kegiatan yang dikembangkan mengacu pada roadmap atau peta jalan komersialisasi hasil iptek PUI E2-KOLIM

Gambar Roadmap Peningkatan Komersialisasi Hasil IPTEKS PUI E2-KOLIM

Program diseminasi yang dilaksanakan adalah :

  1. Program Pengenalan Produk Iptek. Kegiatan yang mendukung dalam program ini yaitu kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan melalui sosialisasi dan peragaan produk-produk Iptek PUI  E2-KOLIM. Adapun kegiatan-kegiatan tersebut yaitu :
    • Partisipasi sebagai peserta pameran baik yang bersifat event tahunan seperti Jambi Expo (ulang tahun Provinsi Jambi), Hakteknas (Hari Kebangkitan Teknologi Nasional), maupun insidental seperti bagian dari acara seminar nasional dan internasional.
    • Penerbitan Buletin Bulanan Produk  E2-KOLIM yaitu upaya sosialisasi produk Iptek  E2-KOLIM melalui media offline (brosur) dan online (website dan email).
    • Temu bisnis (business gathering) dalam rangka menjalin kerjasama kemitraan dengan stakeholder terkait baik pemerintah, dunia usaha maupun konsumen pengguna.
    • Roadshow secara berkala untuk mensosialisasikan lembaga dan produk Iptek kepada stakeholder pengguna baik pemerintah, komunitas, dunia usaha maupun konsumen pengguna.
  2. Program Legalisasi Produk Iptek. Program ini merupakan kegiatan fasilitasi lembaga sebagai upaya untuk menjamin keberlanjutan pengembangan R&D peneliti dan perekayasa PUI E2-KOLIM untuk mendapatkan reputasi dan revenue generating dari inovasi dan kreatifitas penelitian. Kegiatan yang dapat dilaksanakan antara lain:
    • Pengurusan HKI sebagai bentuk hak eksklusif inventor bagi para peneliti PUI E2-KOLIM.
    • Sertifikasi dan Izin Edar Produk Iptek (kopi liberika) seperti sertifikasi halal (MUI) dan kesehatan (Depkes dan BPOM), izin komersialisasi (izin edar, perdagangan dan usaha).
  3. Program Aplikasi Produk Iptek. Kegiatan ini merupakan upaya implementasi hasil-hasil Iptek peneliti PUI  E2-KOLIM baik untuk pemberdayaan masyarakat dan IKM maupun kemitraan dengan investor melalui kegiatan:
    • Pengabdian kepada masyarakat baik sumberdana internal Universitas Jambi, maupun hibah kompetitif abdimas nasional baik dari kemenristekdikti maupun kementerian lainnya.
    • Kerjasama kemitraan ABG (academic, business and goverment) baik sumebrdaya
    • APBD, APBN maupun CSR dunia usaha.
    • Pelatihan dan pendampingan kelompok usaha dan UMKM/IKM.
  4. Program Kemitraan Pasar Produk Iptek. Kegiatan ini merupakan upaya pengembangan kerjasama komersialisasi produk-produk hasil iptek peneliti dan perekayasa PUI E2-KOLIM. Adapaun kegiatan tersebut yaitu:
    • Kemitraan produksi dengan investor atau pemilik modal untuk pengembangan usaha inovasi kopi liberika dan ekowisata mangrove.
    • Kemitraan pasokan produk dan bahan baku dengan pelaku industri pengolahan dan pemasaran baik IKM, UMKM dan perusahaan.
    • Kemitraan pemasaran dengan pelaku jasa perdagangan dalam memasarkan produk hasil inovasi peneliti PUI E2-KOLIM.